Siswa MAN 1 Banda Aceh Wakili Indonesia pada Event Internasional World Tsunami Awareness Day

Empat siswa dan siswi MAN 1 Banda Aceh mewakili Indonesia guna menyuarakan pendapatnya mengenai penanggulangan bencana Tsunami pada event Internasional bertajuk High School Student Summit on “Tsunami Awareness Day” 2022 in Niigata, Japan. Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 19 sd 20 Oktober 2022.

Digelar secara daring, event ini diselenggarakan oleh Niigata Prefectural Government, Niigata Prefectural Board of Education, dan Niigata City Board of Education.

Event ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan pemimpin baru yang akan memainkan peran sentral dalam melindungi kehidupan warga negara, mata pencaharian, dan aset dari gempa bumi, tsunami, dan bencana lainnya. Kemudian sambil meminimalisir dampak bencana pada kehidupan sehari-hari dan ekonomi dengan berkontribusi pada ketahanan masyarakat. Acara ini juga diharapkan akan semakin memperdalam “kizuna” atau ikatan antar negara.

Pada event ini, MAN 1 Banda Aceh menurunkan empat siswa dan siswi sebagai tim, dengan Di Sultan Azfar sebagai ketua tim, dengan anggota Annisa Nurlathifah, Muhammad Kautsar Al Fajri, dan Naira Tanzila Naaz. Mereka dibimbing oleh Nadya Balqis SPd.

Tim perwakilan Indonesia tersebut mengangkat tema “Reducing Disaster Risk”, yang membahas tentang kesadaran masyarakat terhadap bencana serta berbagai cara menanggulanginya.

Event ini mengumpulkan beberapa usulan dan pendapat para siswa mengenai penanggulangan bencana. Tim Indonesia mendapatkan apresiasi atas pendapatnya terkait penanggulangan bencana, dengan cara melakukan sosialisasi serta menyadarkan masyarakat terhadap bencana melalui sosial media yang saat ini banyak digunakan oleh setiap masyarakat.

Partisipasi mereka mendapat dukungan penuh dari Kepala Madrasah MAN 1 Banda Aceh, Nursiah SAg MPd, serta keluarga besar MAN 1 Banda Aceh.

“Jujur, kami sangat senang bisa mengikuti event ini untuk menyampaikan pendapat kami mengenai penanggulangan bencana kepada teman-teman, dalam negeri dan luar negeri. Harapan kami, dengan adanya partisipasi ini diharapkan dapat menginspirasi teman-teman yang lain, juga dapat menyampaikan banyak lagi pemikiran kami kepada khalayak ramai mengenai pentingnya kesadaran terhadap bencana”, ujar Annisa Nurlathifah, perwakilan tim, yang didampingi oleh Naira Tanzila Naaz. [Nanda Ulfia Chair/Tuah Puspa Dewi/Muttaqina Mafaza]

Tags:
author

Author: