Senin, 26 Sep 2022
  • Mohon maaf, website ini sedang dalam perbaikan. Mohon kembali beberapa saat lagi. Terima kasih

Teliti Teknologi Termal Wajah, Siswa MAN 1 Banda Aceh Lolos Finalis MYRES Nasional

Tim Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) MAN 1 Banda Aceh berhasil lolos ke 26 Besar Finalis tingkat Nasional, bidang ilmu Matematika, Sains Pengembangan Teknologi (MST).

Tim siswa ini terdiri dari Mohd Harisqi Aulia (Kelas XII IPA 2) dan Nabila Syifa (Kelas XI IPA 1) meneliti tentang pemanfaatan teknologi citra termal, yang digunakan untuk mengetahui kondisi emosi manusia melalu pendeteksian wajah, dengan guru pembimbing Amru Sujud ST MT.

Siswa tersebut melakukan eksperimen kepada beberapa siswa sebagai sampelnya. Selanjutnya, dilakukan pengambilan beberapa citra wajah.

Teknologi termal sendiri berfungsi untuk mendeteksi radiasi panas dari suhu permukaan sebuah benda. Dengan mengenali kondisi emosi seseorang, diharapkan dapat lebih mudah dalam berkomunikasi maupun interaksi sosial lainnya.

Pemanfaatan citra termal juga diharapkan menjadi salah satu alternatif yang lebih efisien dalam mengenali kondisi emosi manusia, di mana teknologi tersebut metode tersebut dilakukan tanpa adanya kontak fisik.

Kedua siswa ini juga bersilaturrahmi dengan Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg untuk meminta dukungan dan arahan, kehadiran mereka diantarkan Kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah SAg, MPd.

Kehadiran siswa tersebut di Kantor Wilayah disambut langsung Kakanwil dan Kabid Penmad H Zulkifli SAg MPd.

Kakanwil mengapresiasi hasil penelitian dan inovasi dan Mohd Harisqi Aulia dan Nabila Syifa.

“Hal ini luar biasa, tetap semangat meneruskan berbagai inovasi dan menghasilkan karya. Tentu kami sangat mendukung,” kata Iqbal.

Ia berharap penelitian seperti ini juga menjadi motivasi bagi siswa lain di MAN 1 dan madrasah lainnya di Aceh.

Iqbal juga berterimakasih kepada Kamad dan Pembimbing mereka, yang mampu mengantarkan mereka sejauh ini.

Semoga menjadi yang terbaik dan meraih juara nasional di kompetisi mendatang, katanya.

Sesuai jadwal, kedua siswa tersebut akan mempresentasikan hasil penelitiannya pada 24 September 2022 secara daring. Kemudian akan dipilih sebanyak enam tim untuk mengikuti Grand Final dan Expo di Jakarta.

KELUAR