Senin, 26 Sep 2022
  • Mohon maaf, website ini sedang dalam perbaikan. Mohon kembali beberapa saat lagi. Terima kasih

MAN 1 Banda Aceh Peringati Tahun Baru Islam 1444H

Banda Aceh — (Humas) MAN 1 Banda Aceh mengadakan Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H bertempat di halaman MAN 1 Banda Aceh, Kamis (11/8/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Menjadikan Tahun Baru Islam Semangat Hijrah dan Menguatkan Ukhuwah” itu diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan shalawat badar oleh Muhammad Zayyan. Kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Teuku Muhammad Naufal.

Dalam kegiatan ini, tausiyah singkat disampaikan oleh Ustadz Ahmad Rizal Amiruddin Lc MA. Ia merupakan salah satu alumni MAN 1 Banda Aceh yang sukses menimba ilmu di Timur Tengah, tepatnya di Universitas Al Azhar Kairo dan Maroko.

Kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah SAg MPd, yang diwaikili oleh Waka Sarana, Anwar Kamtelat SPdI MPd, mengatakan “Kegiatan ini bukan sekedar seremoni yang kita lakukan, tetapi pada peristiwa hijrah ini kita dapat memetik beberapa hikmah, yaitu bagaimana kita hijrah dari pada keimanan. Yakinlah bahwa para sahabat Rasulullah SAW berhijrah dari Mekkah ke Madinah bukan semata mata karna harta kekayaan, tetapi didasari oleh keimanan yang kuat”, ujarnya saat memberikan sambutan.

Ustadz Ahmad Rizal Amiruddin dalam tausiyah menyampaikan peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw. dan para sahabatnya dengan penuh Perjuangan dan cobaan.

“Ada banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dari peristiwa hijrah yang menjadi awal mula adanya tahun hijriyah” katanya.

Kemudian, Ia juga menyampaikan beberapa motivasi untuk siswa siswi MAN 1 agar tidak pantang menyerah dalam menuntut ilmu.

“Tekuni apa yang sedang kamu pelajari, dan yakinlah bahwa tak ada yang tidak mungkin. Imam Syafi’i berkata, Barang siapa yang menekuni Al-Quran, maka akan tinggi nilai mereka. Hal ini tentu saja akan memberi pengaruh bagi para siswa agar rajin dalam menuntut ilmu terutama membaca serta mengamalkan Al-Quran’ pesannya.

Selanjutnya, acara dimeriahkan dengan penampilan meriah Rapa’i Geleng dari Sanggar Pocut Baren (POBA). Lalu diakhiri dengan pembacaan doa oleh Raihan Iskandar.

Perayaan ini merupakan salah satu wujud bagaimana Warga Madrasah ingin mengingat peristiwa hijrah yang membawa banyak pengaruh dalam agama Islam.

Perayaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi warga madrasah, khususnya bagi para siswa/siswi agar senantiasa mengingat dan meneladani bagaimana perjuangan Rasulullah SAW dalam memperjuangkan Agama Islam di muka bumi ini. [AS/Tya/Nanda Ulfia Chair/Tuah Puspa Dewi]

KELUAR