Senin, 26 Sep 2022
  • Mohon maaf, website ini sedang dalam perbaikan. Mohon kembali beberapa saat lagi. Terima kasih

363 Siswa MAN 1 Banda Aceh Ikuti Tes TOEFL dan TOAFL

Sebanyak 363 siswa Progam Kelas Unggulan MAN 1 Banda Aceh mengikuti Pre test TOEFL dan TOAFL di Pusat Bahasa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai 9 sd 10 Agustus 2022.

Tes Toefl diikuti oleh seluruh siswa unggulan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Sedangkan Test Toafl diikuti oleh siswa jurusan Keagamaan.

Tes tersebut bertujuan untuk melihat kemampuan dasar siswa di bidang Toefl dan Toafl. Kemudian para siswa tersebut akan dilakukan pemetaan serta dikelompokkan sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Selanjutnya mereka akan mendapat bimbingan rutin di sekolah oleh para Tutor yang sudah berpengalaman. Di akhir tahun, para siswa akan mengikuti post test atau tes akhir untuk keperluan evaluasi. Kegiatan tersebut terlaksana atas kerja sama yang baik antara MAN 1 Banda Aceh dan Pusat Bahasa UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah SAg MPd, melalui Wakil Kepala bidang Kurikulum, Zakiyah Munte SPd, mengatakan program ini sudang berlangsung selama dua tahun dan sejauh ini berjalan dengan sangat baik.

“Alhamdulillah ini merupakan tahun kedua. Para siswa sangat antusias dan semangat mengikuti tes Toefl dan Toafl di UIN Ar-Raniry. Di sana mereka dapat merasakan langsung atmosfer tes Toefl/Toafl di lab bahasa”, ujarnya.

Kemudian Ia juga menjelaskan tujuan dilaksanakan bimbingan Toefl bagi para siswa MAN 1 Banda Aceh.

“Setelah mengikuti tes ini para siswa akan dibimbing secara rutin di sekolah, dengan harapan para siswa akan terbiasa dengan materi dan soal-soal Toefl/Toafl. Sehingga diharapkan nantinya mereka lebih siap dalam mempersiapkan diri menempuh pendidikan tinggi”, ungkapnya.

Sekedar informasi, kemampuan Tes of English as a Foreign Language atau Toefl merupakan pengakuan atas kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Toefl juga diperlukan bagi yang berencana menempuh pendidikan lebih lanjut.

Terakhir, Zakiyah Munte berharap para siswa semakin termotivasi untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi terbaik.

“Ada beberapa siswa kami yang nilai Toeflnya sudah di atas 500. Ini merupakan salah satu indikator yang nyata. Dengan program ini, kami harapkan para siswa semakin termotivasi dalam mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi,” pungkasnya.

MAN 1 Banda Aceh sebagai madrasah unggulan akademik rutin melaksanakan uji kompetensi bagi peserta didiknya, salah satunya yaitu Tes Toefl dan Toafl.

Kegiatan tersebut dalam rangka menghasilkan lulusan terbaik dan mampu bersaing di perguruan tinggi terbaik nasional maupun internasional.

KELUAR