Selasa, 17 Mei 2022
  • Mohon maaf, website ini sedang dalam perbaikan. Mohon kembali beberapa saat lagi. Terima kasih

Siswa MAN 1 Banda Aceh Lolos Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

Siswi MAN 1 Banda Aceh, Khansa Nazifa, yang duduk di kelas XI Bahasa, berhasil lolos seleksi pertukaran pelajar ke Negara Amerika Serikat.

Ia bersama dua siswi lainnya yang mewakili Aceh telah mengikuti rangkaian program pertukaran pelajar itu mulai tahun 2021, melalui berbagai tahapan, di antaranya seleksi online lewat video conference.

Seleksi pertama dilalui dengan membuat essay. Kemudian dilanjutkan dengan tes interview, serta Bahasa Indonesia dan Inggris di tingkat Provinsi Aceh.

Sedangkan di tingkat Nasional, dengan mekanisme acak melalui dinamika kelompok. Hasil tes di tingkat Nasional inilah kemudian diakhiri dengan seleksi tingkat internasional dengan cara mengirimkan berkas ke Negara Amerika Serikat.

Kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah SAg MPd, bersyukur dan turut bangga dengan prestasi yang diraih oleh anak didiknya itu.

“Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah. Siswi kami lulus pertukaran pelajar ke Amerika. Tentunya ini membanggakan bagi kita semua, karena telah harumkan nama madrasah dan Aceh di tingkat Internasional. Selamat berjuang ananda Khansa”, ujarnya.

Menurutnya, tujuan mengikuti program beasiswa pertukaran pelajar itu yaitu untuk mentransfer ilmu dan mengembangkan diri agar lebih baik lagi. Ia pun memberikan pesan kepada teman siswa lainnya, khususnya di Provinsi Aceh.

“Teman-teman harus sabar,terus belajar dan berjuang agar bisa mengikuti pertukaran pelajar di Negara asing, dan alhamdulillah orang tua juga mendukung”, kata siswi yang juga aktif berorganisasi ini.

Selama mengikuti program pertukaran pelajar ini, Ia diberikan beasiswa untuk uang saku dan pendidikan selama setahun di Amerika Serikat.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR