Selasa, 30 Nov 2021
  • Mohon maaf, website ini sedang dalam perbaikan. Mohon kembali beberapa saat lagi. Terima kasih

Tingkatkan Mutu Madrasah, MAN 1 Banda Aceh Buka Kelas Olimpiade

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banda Aceh menciptakan terobosan baru dengan membuka kelas olimpiade pada tahun pelajaran 2020/2021. Hal tersebut sebuah inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu madrasah.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas Olimpiade pada MAN 1 Banda Aceh telah dilaksanakan, mulai tanggal 16 s.d. 20 Desember 2019 yang lalu. Dari seleksi yang terdiri dari verifikasi berkas dan ujian tulis berbasis komputer yang telah dilaksanakan pada 2 Januari 2020, sebanyak 30 siswa berhasil lulus dan akan menjadi bagian dari salah satu program unggulan MAN 1 Banda Aceh tersebut.

Kepala MAN 1 Banda Aceh, Nursiah SAg MPd, menyebutkan, para siswa yang mendaftar merupakan siswa pilihan dengan proses seleksi yang sangat ketat.

“Para siswa yang mengikuti ujian masuk PPDB Kelas Olimpiade ini adalah siswa terbaik, karena mereka harus melewati verifikasi berkas yang sangat ketat. Di antara syarat yang diprioritaskan adalah mempunya sertifikai olimpiade, KSM, OSN, dan lainnya, minimal tingkat Kabupaten/Kota,” ujarnya.

“Selain itu, mereka juga telah melewati ujian tulis berbasis komputer dengan materi soal satu tingkat di atas soal UN. Dan penyusun soalnya adalah dari unsur independen, yaitu dari tim olimpiade Gerakan Aceh Belajar”, tambahnya.

Hal-hal yang melatarbelakangi pembentukan kelas olimpiade di antaranya adalah tantangan era disrupsi dan masyarakat 5.0, pngembangan kurikulum madrasah yang terintegrasi sains dan keislaman, membekali siswa madrasah yang beriman dan bertakwa untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, bekerjasama dengan orang lain, berkomunikasi, kreatif dan inovasi.

Selain itu juga untuk mempersiapkan siswa madrasah untuk berkompetisi dalam kegiatan OSN dan KSM tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional, serta mempersiapkan siswa madrasah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terbaik dan favorit di Indonesia dan dunia.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR