Kamis, 02 Des 2021
  • Mohon maaf, website ini sedang dalam perbaikan. Mohon kembali beberapa saat lagi. Terima kasih

Pesantren Kilat, Pendidikan Karakter Islami di MAN 1 Banda Aceh

Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh kembali melaksanakan kegiatan pesantren kilat. Kegiatan wajib yang dilaksanakan setiap tahun itu dimulai hari ini, Sabtu (11/5/2019), hingga empat hari ke depan. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala MAN 1 Banda Aceh, Drs H Mukhlis M Pd, membuka dengan resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Ia menekankan pentingnya kegiatan pesantren kilat bagi siswa. Semua siswa baru wajib mengikuti kegiatan tersebut.

Didampingi Wakil Kepala bagian Kesiswaan, Riadhi SPd, Plt Kepala Madrasah berpesan kepada peserta untuk serius mengikuti rangkaian kegiatan pesantren kilat dari awal sampai akhir.

“Saya mengharapkan kegiatan ini bisa membentuk karakter-karakter muda yang Islami, akhlak yang mulia, ahlul Quran, mandiri, dan berjiwa kepemimpinan. Semua siswa wajib ikut pesantren kilat, dan harus diikuti dengan serius, artinya tidak main-main”, ujarnya.

Pesantren kilat yang dilaksanakan di bulan suci Ramadhan sebagai sarana pembelajaran sekaligus pembersihan jiwa, melatih kepemimpinan dan kemandirian, serta muhasabah diri. Sehingga diharapkan semua siswa akan mendapat banyak ilmu dan pengalaman berharga yang harus diterapkan baik selama sekolah nantinya, ataupun saat terjun di lingkungan masyarakat.

Pesantren kilat yang kali ini mengambil tema “Satukan Langkah, Eratkan Ukhuwah di Bulan Suci Penuh Berkah” ini diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari shalat tahajud, hafalan, makam sahur bersama, shalat berjamaah dan tausyiah. Dilanjutkan dengan senam pagi, shalat Dhuha, baca Quran, materi di dalam kelas, dan diskusi bersama instruktur lokal (inlok).

Pada sore hari peserta mengikuti taaruf dan game, hingga buka puasa bersama. Ada juga shalat Tarawih serta ditutup dengan materi di Aula Serba Guna.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR