Kamis, 02 Des 2021
  • Mohon maaf, website ini sedang dalam perbaikan. Mohon kembali beberapa saat lagi. Terima kasih

MAN 1 Banda Aceh Laksanakan Ujian Penjurusan Berbasis Komputer

MAN 1 Banda Aceh melaksanakan ujian penjurusan berbasis komputer (Computer Based Test/CBT) kepada peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020, Jumat (10/05/2019). Ujian yang dilaksanakan di dua ruang, yaitu Laboratorium Komputer dan Laboratorium Bahasa MAN 1 Banda Aceh.

Ujian CBT tersebut dibagi dalam empat sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 s.d. 09.30, kemudian sesi selanjutnya pukul 10.00 s.d. 11.30 WIB. Sesi Ketiga dimulai pukul 14.30 s.d. 16.00, lalu sesi terakhir pukul 16.30 s.d. 18.00 WIB. Jumlah peserta ujian seluruhnya 303 siswa. Meski dalam kondisi puasa Ramadhan, peserta tetap semengat menyelesaikan soal-soal yang diberikan.

Ini merupakan rangkaian ujian penjurusan yang kedua kalinya, setelah dihari sebelumnya diadakan tes psikologi dan penelususan bakat minat siswa.

Tujuan dilaksanakannya rangkaian tes ini agar peserta didik benar ditempatkan pada jurusan yang sesuai dengan kemampuan, bakat, dan cita-citanya. Bukan hanya sekedar keinginannya semata, melainkan juga melihat dan menggali potensi yang  sebenarnya yang ada dalam diri siswa itu.

Sehingga diharapkan para siswa dapat ditempatkan di jurusan yang benar-benar tepat. Hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam penempatan jurusan di MAN 1 Banda Aceh di antaranya angket peminatan, yang memang sudah diedarkan. Kemudian tes psikologi dan penelurusan bakat minat siswa, serta tes penjurusan yang dilaksanakan hari ini.

MAN 1 Banda Aceh membuka empat jurusan, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa, dan Keagamaan.

Seperti diketahui sebelumnya, MAN 1 Banda Aceh telah melaksanakan tiga tahap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020. Pertama jalur Boarding School (asrama), kemudian jalur Undangan/Prestasi, terakhir jalur Reguler yang dilaksanakan secara serentak se Kota Banda Aceh.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR