Semangat Hijrah, MAN Model Peringati Tahun Baru Islam 1440 H

MAN Model Banda Aceh mengadakan peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 H, Senin (24/1/2018). Acara tersebut dilaksanakan di halaman madrasah. Hadir sebagai penceramah adalah Ustaz Umar Ismail, S.Ag.

Kegiatan yang bertemakan “Menjadikan Semangat Hijrah Rasulullah SAW sebagai Panutan Generasi Islami yang Berakhlakul Karimah” tersebut berlangsung sukses dan penuh khidmat.

Sebelum penyampaian ceramah agama oleh Ustadz Umar Ismail, S.Ag, terlebih dahulu diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, kemudian laporan ketua panitia, lalu dilanjutkan dengan sambutan Kepala MAN Model Banda Aceh, Drs. H. Mukhlis, M.Pd.

Dalam sambutannya, Ia menekankan pentingnya rasa ikhlas dalam beramal, apalagi tanggung jawab kita sebagai umat Rasul. Meningkatkan amal baik dan meninggalkan yang tidak baik dengan penuh keikhlasan merupakan cara-cara hijrah yang harus dilakukan saat ini, khususnya oleh para siswa MAN Model Banda Aceh.

Sedangkan Ustaz Umar Ismail mengawali tausyiahnya menyampaikan pesan khusus kepada para siswa MAN Model agar hendaknya dapat meneladani perjuangan Rasul Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam memperjuangkan agama Allah, yakni Islam.

“Cinta kita kepada Rasul harus kita buktikan, paling tidak kita berjuang untuk diri kita sendiri. Yaitu dengan mengerjakan sunnah-sunnahnya. Shalat berjamaah, qiamul lail, shalat Dhuha, dan sebagainya. Kalau itu tidak bisa kita kerjakan, bagaimana mungkin dapat disebut bahwa kita mencintai Rasul?”, pesannya kepada para hadirin.

Kegiatan peringatan 1 Muharam 1440 H tersebut diakhiri dengan pembacaan doa. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa penampilan seni dari siswa-siswi yang tergabung dalam Sanggar Seni Pocut Baren (POBA) MAN Model Banda Aceh.

Tags:
author

Author: