Selasa, 30 Nov 2021
  • Mohon maaf, website ini sedang dalam perbaikan. Mohon kembali beberapa saat lagi. Terima kasih

Sukses di SNMPTN 2016, MAN Model Kembali Sosialisasi Siswanya

Seperti tahun sebelumnya, MAN Model Banda Aceh kembali mengadakan sosialisasi SNMPTN Tahun 2017 (23/01/17), di Aula PSBB MAN Model. Perubahan peraturan yang terjadi setiap tahunnya membuat MAN Model Banda Aceh selalu konsisten mengadakan sosialisasi kepada siswanya secara rutin, khususnya yang berada di jenjang kelas XII.

Pada beberapa kegiatan sosialisasi di tahun sebelumnya, MAN Model selalu menghadirkan nara sumber Dr. rer.nat. Ilham Maulana, Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), yang kala itu masih menjabat sebagai Kepala Biro Humas Unsyiah. Ilham Maulana yang merupakan lulusan Jerman di Leipzig University itu memang sudah sangat akrab dengan MAN Model, karena hampir setiap tahun selalu memotivasi siswa kelas XII. Para siswa pun terkesan dengan pemaparannya, sehingga banyak siswa yang termotivasi.

Namun kali ini sosialisasi sedikit berbeda, karena yang bertindak sebagai Nara Sumber adalah Husni Friady, ST., MM., yang belum lama ini menjabat sebagai Kepala Bagian Humas Unsyiah. Selain itu, MAN Model juga mengundang alumni yang berprestasi, yang kebetulan sedang pulang kampung, untuk memberikan motivasi kepada adik-adik kelasnya, diantaranya Nurhayatul Ulfan dan Lia Maghfirah (IPB), dan satu lagi alumni yang sedang Koas di rumah sakit umum Zainoel Abidin, Muharrir, S.Ked.

Husni Friady pada saat menyampaikan materinya selalu berpesan kepada para siswa peserta SNMPTN agar teliti dalam mengecek/menverifikasi nilai rapornya sebelum melakukan finalisasi mandiri. Pria yang sebelumnya bertugas sebagai salah satu tim IT Unsyiah tersebut juga berharap lulusan MAN Model, khususnya melalui jalur undangan di tahun ini lebih banyak lagi.

Sekedar informasi bahwa MAN Model Banda Aceh pada SNMPTN tahun 2016 lalu berhasil mengantarkan 66 siswanya lulus di jalur yang tanpa tes tersebut. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar bagi MAN Model selama ini.

Seperti dikutip dari laman resminya, SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik, dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat, dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta portofolio akademik.

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.

Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

Jadwal SNMPTN 2017

Pengisian PDSS: 14 Januari – 10 Februari 2017
Verifikasi PDSS: 15 Januari – 12 Februari 2017
Pendaftaran SNMPTN: 21 Februari – 6 Maret 2017
Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN: 14 Maret – 14 April 2017
Proses Seleksi: 15 Maret – 15 April 2017
Pengumuman Hasil Seleksi : 26 April 2017

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR