Siswa MAN Model Antusias Ikuti Kegiatan Manasik Haji

20160205_153454
MAN Model Banda Aceh melaksanakan kegiatan manasik haji Jumat Sore (5/02) di sekitar lingkungan madrasah. Kegiatan ini telah rutin dilakukan dan merupakan bentuk hasil pembelajaran dari praktek ibadah di kelas XI. Para siswa dan siswi sangat antusias melakukan manasik haji ini.

Bertindak sebagai pemandu manasik haji yaitu Alhafidz Rusli Alkandari, Lc., yang merupakan lulusan Madinah, dan telah berpengalaman dalam bidang haji. Ia juga merupakan pembina boarding school sekaligus pembimbing tahfizh di MAN Model.

20160205_160832

Ketua Pengembangan Diri Bidang Keagamaan, Drs. H. Ahmad Hamim Ibrahim, menyampaikan beberapa tujuan dan manfaat dari kegiatan manasik haji bagi para siswa.

“Selain bertujuan sebagai syiar, manasik haji juga sebagai persiapan untuk kita apabila suatu saat diberikan kesempatan untuk mengunjungi baitullah” ujarnya.

“Awalnya saya sempat pesimis karena takutnya tidak banyak siswa yang mau berpartisipasi dalam kegiatan ini, tapi sungguh diluar dugaan, bahkan para siswa- siswi menanti-nantikan kegiatan ini”, tambah H. Hamim.

20160205_161846

Kegiatan ini telah dibimbing oleh beberapa guru dan tutor jauh-jauh hari. Teori tentang manasik haji juga telah diajarkan pada semua kelas XI, dengan tujuan untuk membantu proses pengenalan seputar dunia haji. Dengan berbagai persiapan tersebut, diharapkan para siswa sudah menguasai materi tentang haji.

DSC02002

Salah seorang siswa MAN Model, Imam Syuhada (XI MIA 4), menyampaikan pendapatnya tentang kegiatan manasik haji.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa siswi, dan akan menambahkan rasa cinta terhadap agama”, ujar Imam, yang juga merupakan Ketua Press Media MAN Model .

[Najmi Munifa/Nada Ariqah]

Tags:
author

Author: