Motivasi Siswanya, MAN Model Gelar Sosialisasi SNMPTN 2016

2MAN Model Banda Aceh menggelar sosialisasi dan motivasi SNMPTN tahun 2016 kepada para siswa kelas XII, Senin (03/02/2016). Kegiatan tersebut berlangsung di  Aula PSBB MAN Model, dimulai pukul 09.00 sd. 11.30 WIB. Datang sebagai nara sumber sekaligus motivator yaitu Kepala Biro Humas Unsyiah, Dr. rer.nat. Ilham Maulana, namun Ia diundang dalam kapasitas pribadi bukan utusan dari Unsyiah.

Acara sosialisasi diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan kepala madrasah, kemudian dilanjutkan motivasi dan sosialisasi oleh Dr. Ilham, serta diakhiri dengan doa.

Kedatangannya merupakan yang ketiga kalinya guna memberikan motivasi dan informasi terbaru terkait SNMPTN tiap tahunnya. Selain itu Ia juga memberikan tips, dan kiat-kiat khusus agar lulus di jalur SNMPTN.

Dikutip dari Wikipedia,  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN adalah pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.

Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan nilai rapor dan data prestasi siswa di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya.

SNMPTN merupakan salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, selain Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri (melalui Ujian Mandiri). [AS]

1

Jadwal SNMPTN 2016

Pengisian dan Verifikasi PDSS:

18 Januari – 20 Februari 2016

Pendaftaran SNMPTN:

29 Februari – 12 Maret 2016

Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN:

22 Maret – 21 April 2016

Proses Seleksi:

24 Maret – 8 Mei 2016

Pengumuman Hasil Seleksi:

10 Mei 2016

Proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi:

31 Mei 2016 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2016

Tags:
author

Author: