MAN Model Raih Juara 1 LKTI Provinsi Aceh 2015

IMG20151022120740

  • Juara 3 Pemilihan Siswa Teladan

MAN Model Banda Aceh berhasil meraih hasil terbaik dengan merebut juara 1 di bidang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Berbasis Riset tingkat Provinsi Aceh Tahun 2015 di Oasis Hotel, 20 – 22 Oktober 2015. Penghargaan tersebut diraih oleh siswa MAN Model atas nama Sandy Vrianda, yang saat ini duduk di bangku kelas XII.

Sandy Vrianda yang dibimbing oleh Amru Sujud, S.T, Guru TIK MAN Model, berhasil membuat tim dewan juri terpukau dengan presentasinya. Sandy, panggilan akrabnya, membuat sebuah aplikasi perhitungan harta waris berbasis web. Program aplikasi tersebut diberi nama Al-Faraidh v.1.0, yang digunakan sebagai media pembelajaran Fiqih pembahasan mawaris.

Penelitiannya yang berjudul “Program Aplikasi Al-Faraidh v.1.0 Menggunakan PHP & MySQL Sebagai Media Pembelajaran Mawaris di MAN Banda Aceh 1”, mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari para dewan juri. Hal tersebut terlihat dari tanggapan dewan juri pada saat sesi pertanyaan.

Ide tersebut muncul dari permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran mawaris selama ini, mulai dari sulitnya proses perhitungan ilmu waris tersebut hingga banyaknya siswa yang susah memahaminya.

Selain cabang LKTI, di cabang lain MAN Model kembali meraih prestasi dengan meraih juara 3 Pemilihan Siswa Teladan (PST) atas nama Nurhayatul Ulfah. Nurhayatul Ulfah, yang merupakan peraih medali emas LKTI nasional tersebut, menjadi penerus siswa MAN Model sebelumnya di cabang yang sama atas nama Eka Apriani, yang merupakan juara 1 pada Pemilihan Siswa Teladan tahun lalu.

Setiap cabang perlombaan diikuti oleh 23 peserta mewakili masing-masing kabupaten/kota di provinsi Aceh. Perhelatan tersebut berlangsung sangat meriah, seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti lomba tersebut. [AS]

Tags:
author

Author: