Tes Tulis Peneriman Siswa Baru (PSB) di MAN Model Banda Aceh

IMG_8618

[Furqan] Test penerimaan siswa baru reguler MAN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016 dilaksanakan pada tanggal 15-16 Mei 2015. Peserta seleksi yang mendaftar ke MAN Model berjumlah 821 peserta. Jumlah peserta pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya  2014-2015 yang berjumlah 645, ini membuktikan bahwa MAN Model masih menjadi sekolah unggul dan Islami di mata masyarakat.

Dari sekian banyak peserta yang mengikuti seleksi, yang diterima hanya berjumlah 252 siswa. Ini tentu diharapkan akan menghasilkan siswa-siswa yang berkualitas karena mereka akan bersaing meperebutkan kursi siswa MAN Model dari sekian banyak peserta yang mengikuti tahapan seleksi.

Sementara itu, tahap-tahap seleksi sendiri ada 2 tahap, yang pertama yaitu tahap tes tulis pada tanggal 15 Mei 2015, dan tahap seleksi lisan pada tanggal 16 Mei 2015.

Pada tahapan tes tulis, peserta akan ditest kemampuannya dalam bidang pengetahuan akademik, yaitu seperti IPA, Matematika, IPS, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Sementara pada seleksi tahapan lisan peserta ujian akan ditest kemampuan membaca Al-Qur’an, bacaan shalat, surah-surah pendek, praktek ibadah, doa sehari-hari dan wawancara.

Ketua Panitia PSB, Ahmad Muhadin, S.H.I, mengatakan “kriteria siswa yang akan diterima tentunya siswa yang memiliki akhlaq berbudi pekerti, berkarakter, dan memiliki kemampuan akademik maupun non-akademik yang baik”.

Alasan MAN Model melakukan test seleksi penerimaan siswa baru lebih cepat dari madrasah lainnya yang pertama sekali karena himbauan dari kementrian Agama Kota Banda Aceh untuk membuka pendaftaran setelah siswa-siswi SMP/MTs selesai menjalankan Ujian Nasional (UN), yaitu pada tanggal 8 Mei 2015. Alasan kedua, agar MAN Model benar-benar mendapatkan siswa berprestasi dan berkarakter sesuai yang diharapkan.

Harapan yang diinginkan terhadap seleksi test penerimaan siswa baru MAN Model ini juga agar peserta berlaku jujur dalam mengikuti test, karena besarnya nama MAN Model Banda Aceh bukan hanya dari kepala madrasah, guru-guru atau pun karyawan, tapi dari akhlak dan prestasi  siswa-siswinya yang akan mendongkrak nama MAN Model di mata masyarakat.

[Foto by: Imam Syuhada Fauzi]

Tags:
author

Author: