Kamis, 02 Des 2021
  • Mohon maaf, website ini sedang dalam perbaikan. Mohon kembali beberapa saat lagi. Terima kasih

Profil Sanggar Seni Pocut Baren (POBA) : RATOEH JAROE

Juara DBL - Ratoeh Jaroe - Copy
Tari Ratoeh Jaroe merupakan salah satu tarian tradisional Aceh yang dibawakan oleh dara-dara MAN Model Banda Aceh. MAN Model  memiliki komunitas khusus tarian yang bernaung dibawah organisasi Sanggar Pocut Baren (POBA). Gerakan tari Ratoeh Jaroe yang paling terkenal adalah “saman genda” .

Komunitas ratoeh jaro sendiri telah berdiri sejak 6 tahun yang lalu!. Selama itu, komunitas Ratoeh Jaroe menunjukan taringnya sebagai komunitas bergengsi di MAN Model, buktinya sudah banyak deretan gelar yang sudah dicapai oleh komunitas ini, di awal tahun 2015 ini saja mereka berhasil mendapatkan 4 gelar juara, yaitu juara 1 lomba di GOR Pango antar sekolah se-Banda Aceh, juara 1 event “gelanggang” se-sekolah Banda Aceh, juara 2 event di Grand Aceh Kupi, dan yang paling teranyar adalah juara 1 Team Dance DBL se-Aceh !!!

Karena banyaknya gelar yang telah didapatkannya, komunitas Ratoeh Jaroe menjadi salah satu komunitas yang bergengsi di MAN Model dan para anggota-anggota sanggarnya pun menjadi siswi-siswi popular di MAN Model, oleh sebab itu tak heran komunitas Ratoeh Jaroe banyak di serbu oleh siswi-siswi MAN Model.

Namun jangan khawatir, walaupun banyak siswi yang mau masuk ke komunitas Ratoeh Jaroe, komunitas ini tidak menetapkan kriteria khusus untuk siswi yang ingin masuk ke komunitas tersebut, mereka hanya diharuskan melewati seleki yang akan diberikan kakak seniornya. Seleksinya menerapkan sistem Hukum Rimba, yaitu sistem yang mempertahankan siswi-siswi yang paling kuat , maksudnya adalah siswi siswi yang paling rajin mengikuti latihan, yang paling bersungguh-sungguh berlatih, dan yang serius berlatih lah yang akan dipertahankan dan dijadikan sebagai anggota permanen komunitas Ratoeh Jaroe.

Menurut beberapa sumber dari anggota komunitas tari Ratoeh Jaroe yang telah kami wawancarai, mereka menagadakan latihan setiap hari Jum’at dan Sabtu, mulai pukul 14.30 sampai 17.30 di MAN Model Banda Aceh, mereka akan dilatih oleh kakak senior yang sudah berpengalaman.

Sementara itu anggota komunitas Ratoeh Jaroe sendiri saat ini berjumlah 33 orang, dari kelas X ada 15 orang, dan dari kelas XI ada 17 orang.

Bagi para remaja mengisi waktu dengan kegiatan positif dan juga merawat dan memelihara  seni budaya sendiri adalah yang sangat luar biasa seperti yang dilakukan oleh anak-anak komunitas Ratoeh Jaroe ini,

So, bagi adik-adik yang ingin bergabung dan menjadi popular di MAN Model, bergabung ke komunitas Ratoeh Jaroe adalah salah satu cara yang paling ampuh. [Furqan Statham | AS]

Furqan

Post Terkait

Ayo Naik Bus!
30 Jan 2017

Ayo Naik Bus!

0 Komentar

KELUAR