MAN Model Banda Aceh Gelar Sosialisasi SNMPTN 2015

20150202_091939

Kepala MAN Model Banda Aceh Drs. H. Mukhlis, M. Pd membuka acara

MAN Model Banda Aceh mengadakan sosialisasi dan motivasi SNMPTN & SBMPTN tahun 2015 kepada siswa dan siswi kelas XII. Kegiatan tersebut berlangsung pada Senin, 2 Februari 2015 di  Aula PSBB MAN Model Banda Aceh dengan mengundang Kepala Biro Humas Unsyiah, Dr. rer.nat Ilham Maulana sebagai narasumber, namun Ia diundang dalam kapasitas pribadi bukan utusan dari Unsyiah. Acara dimulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00 WIB, dan dibuka langsung oleh Kepala Madrasah.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN adalah pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan nilai rapor dan data prestasi siswa di PDSS. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya.

SNMPTN merupakan salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, selain Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri (melalui Ujian Mandiri).

Kepala MAN Model Banda Aceh, Drs. H. Mukhlis, M.Pd mengatakan bahwa Ia mendukung sepenuhnya dan memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap acara sosialisasi ini.

“Mengapa kita dukung kegiatan sosialisasi ini, karena kegiatan tersebut akan mampu memberikan motivasi yang luar biasa, sehingga muncul semangat baru untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, walaupun dengan kondisi ekonomi tidak memadai sekalipun, seperti pengalaman-pengalaman yang telah diceritakan sendiri oleh Dr. Ilham Maulana. Pengalaman-pegalaman luar biasa yang dimiliki mampu ditransfer dan muncul semangat  dari siswa kita.“ Ujarnya.

“Harapan kami sebagai kepala madrasah, melalui kegiatan sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN, mudah-mudahan mereka 75 persen dapat lulus di SNMPTN di universitas-universitas favorit dan ternama, ” kata H. Mukhlis menambahkan.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Kepala bidang Kurikulum dan Pengajaran, Razali Yunus, M.Pd, “Alhamdulillah kegiatan ini merupakan tahun kedua yang dilaksanakan oleh MAN Model. Berdasarkan pengalaman, kegiatan sosialisasi ini cukup membantu siswa dalam menentukan pilihan perguruan tinggi mana yang mereka inginkan ”

“Dan hasilnya cukup menggembirakan. Tahun 2014 MAN Model bisa memenuhi lebih dari 50 persen siswanya diterima di berbagai perguruan tinggi negeri, dari 291 siswa yang lulus UN, 159 diantaranya diterima melalui jalur undangan” Imbuhnya.

Karena begitu antusiasnya para siswa kelas XII tahun 2014 lalu, maka pihak MAN Model Banda Aceh melalui bidang Kurikulum dan Pengajaran berinisiatif  mengundang kembali Dr. Ilham Maulana untuk memberikan motivasi dan informasi terbaru mengenai SNMPTN dan SBMPTN.

Seluruh siswa tampak mengikuti sosialisasi dan motivasi tersebut dengan khidmat dan penuh semangat. Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kaur Tata Usaha Muhammad Bulqia, S.H.I,  Wakil Kepala bidang Kesiswaan Ahmad Muhadin, S.H.I, dan seluruh Staf Kurikulum. [AS]

Berikut adalah jadwal tahapan dan pelaksanaan SNMPTN 2015 :

Kegiatan Waktu
Pengisian dan Verifikasi PDSS 22 Januari – 8 Maret 2015
Pendaftaran 13 Februari – 15 Maret 2015
Pengolahan data 16 Maret – 8 Mei 2015
Pengumuman Kelulusan 9 Mei 2015
Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN 9 Juni 2015 (Bersamaan dengan Ujian Tertulis SBMPTN)
Tags:
author

Author: