Profil: Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) MAN Model Banda Aceh

11150501_588395694630906_5589968128106738190_n

Oleh: Cut Ulfah Fadhillah (X-MIA 4)

Assalamu’alaikum,

How’s this life, guys?  Is it fine? Or hard? Want to share or search out the problems? But, You don’t get idea where you have to? Maybe you can go to this organization.

PIK-R! Ya, PIK R. Kamu bisa numpahin perasaan kamu atau mencari solusi di sini. Karena organisasi ini memiliki konselor sebaya yang bikin kamu lebih nyaman untuk bercerita. Alasan PIK R hanya memiliki konselor yang sebaya karena remaja saat ini lebih suka bercerita atau curhat dengan teman sebaya daripada orang tua. Tapi, selain tempatnya curhat, di organisasi ini kamu juga bisa mempelajari tentang Drugs, PMS/HIV, dan Sexuality.

Tentang sejarah PIK R di MAN BANDA ACEH 1, kak Rahmat Taufik, ketua organisasi PIK R tahun 2008/2009 mengatakan bahwa PIK R sudah ada di MAN kita yang tercinta ini sejak tahun 2008/2009, yang telah berjalan selama 7 tahun terakhir.

Untuk mendalami lagi ilmu yang ada di PIK R, sekaligus mempererat tali persaudaraan, maka PIK R mengadakan pertemuan dalam  satu minggu sekali. “Biasanya kami membuat pertemuan satu minggu sekali yaitu pada hari kamis.” Ujar Rizal Fahlevi, sekretaris PIK R.  Untuk jumlah anggota, saat ini PIK R sendiri memiliki 56 anggota, 17 orang dari seksi HIV, 18 orang dari seksi Napza, 16 orang dari seksi Seksualitas, dan selebihnya lagi adalah pengurus organisasi.

Dalam setiap pertemuan, organisasi ini menghadirkan beberapa kakak senior untuk dijadikan pengajar sebaya. Kakak – kakak senior ini mengajarkan kepada juniornya tentang permasalahan NAPZA, PMS (HIV), dan Seksualitas. Tapi, terkadang mereka juga memainkan beberapa permainan agar tidak bosan dan jenuh. Perkumpulan yang sangat positif. Kita bisa mendapatkan ilmu yang sangat banyak juga dapat bertemu dan mengenal banyak orang.

Awal tahun baru ini, Kegiatan yang dibina oleh ibu Suraiya Harun  telah menghasilkan banyak kegiatan, di antaranya sosialisasi tentang drugs, hiv, dan sexuality ke beberapa sekolah sederajat, yang menghabiskan  waktu selama satu minggu. Yang lebih mantapnya lagi tanggal 11 April kemarin PIK R baru saja mengadakan seminar Parenting. Dalam temanya ‘Peran utama keluarga dalam meningkatkan kebutuhan fisik dan psikis remaja melalui komunikasi’ PIK R sukses menyelenggarakan seminar yang di hadiri oleh para mentor yang cakap dalam bidangnya: Pak Zahrul Fuadi dan Pak M. Natsir Ilyas, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh. Juga dimeriahkan oleh perwakilan dari walikota Banda Aceh, para guru, wali murid, juga para siswa, baik dari MAN Model Banda Aceh sendiri, maupun sekolah lain.

Dengan banyaknya kegiatan yang sukses dilaksanakan. Tak heran, organisasi ini banyak diminati. Bagi kamu yang suka kegiatan yang melibatkan social dan kepedulian, organisasi ini mungkin akan menjadi pilihan yang baik untuk kamu ikuti.

Tags:
author

Author: